jump to navigation

Konsep Diri (cuplikan dari Change to be Super) September 8, 2008

Posted by Irvan Syaiban in Manajemen Diri, Menulis.
trackback

Konsep diri punya pengaruh yang sangat gedhe buat kinerja kita. Bila konsep diri kita positif maka akan sangat mudah bagi kita untuk meraih keberhasilan. Sebaliknya, bila konsep diri negatif maka kita akan sangat sulit berhasil, di bidang apa saja yang kita lakukan. Prestasi hidup kita berbanding lurus dengan konsep diri kita.
Konsep diri bisa diibaratkan dengan system operasi yang diinstall di sebuah computer. Begini pemisalannya. Saya punya sebuah computer dengan spesifikasi yang cukup ampuh. Sebut saja, prosesornya Intel Core 2 Duo 4 GHz, RAM-nya DDR2 2 Gygabite, hard disknya berkapasitas 320 Gygabite PATA, kartu grafisnya Ge Force 7300GS 512 Megabyte DDR2. Selain itu, computer itu saya lengkapi dengan DVD Writer super multi, plus Wireless LAN, dengan monitor LCD 19 inchi. Ehm, ini nggak ngiklan, lho!

Komputer yang lumayan ampuh ini ternyata diinstalli system operasi MS-DOS 6.0. Padahal, ia cukup bisa untuk diinstalli Windows Vista. Apa yang kemudian akan terjadi dengan computer ini?

Ada dua kemungkinan, sih. Pertama, computer saya itu sama sekali enggak mau jalan. Sebab, system operasi yang diinstall sudah amat sangat ketinggalan zaman banget. Kemungkinan kedua, computer tersebut bisa saja jalan, tapi enggak optimal. Akibatnya, keunggulan-keunggulan komponennya tidak dapat dinikmati. Nah, lho!

Seperti ini pula yang bisa terjadi pada kita. Mental kita seakan-akan sebuah computer. Komponen-komponen computer mental kita adalah potensi-potensi unik yang kita miliki. Jika konsep diri yang diinstall tidak cocok –misalnya aja rendah banget, potensi-potensi tersebut nggak akan muncul dan nggak akan dapat kita gunakan. Parahnya, jika konsep diri yang diinstall enggak cocok banget, diri kita malah bisa mandheg sama sekali, nggak pernah bisa maju-maju. Ini seperti yang terjadi pada kemungkinan pertama pemisalan di atas, computer ampuh nggak jalan sama sekali gara-gara system operasi-nya sudah sangat ketinggalan zaman.

Bukan cuma masalah ketinggalan zaman atau tidak, cocok atau tidak, system operasi yang rusak juga nggak bisa menjalankan computer secara maksimal. Sebaik apa pun perangkat keras komputer dan program aplikasi yang di-install, apabila sistem operasinya tidak baik, tidak cocok, banyak kesalahan, ataupun rusak, maka komputer tidak dapat bekerja dengan maksimal. Demikian pula, konsep diri yang rusak nggak bisa ‘menjalankan’ mental kita secara maksimal.

Konsep diri adalah sistem operasi yang menjalankan komputer mental, yang mempengaruhi kemampuan berpikir seseorang. Konsep diri ini setelah ter-install akan masuk di pikiran bawah sadar dan mempunyai bobot pengaruh sebesar 88% terhadap level kesadaran seseorang dalam suatu saat. Semakin baik konsep diri maka akan semakin mudah seseorang untuk berhasil. Demikian pula sebaliknya.
Biar kamu tahu dirimu mempunyai konsep diri yang negatif atau enggak, ini dia sekian karakteristik orang yang punya konsep diri negatif.

Karakteristik orang yang punya konsep diri negatif:
Peka terhadap kritikan orang lain
Sangat responsive terhadap pujian
Sangat keterlaluan kritisnya terhadap orang lain
Merasa tidak disenangi orang lain, merasa tidak diperhatikan orang lain, akibatnya ia sangat mudah bereaksi terhadap orang lain
Cenderung pesimis terhadap masa depan

Selain kudu tahu karakteristik orang yang punya konsep diri negatif, kamu juga harus tahu akibat konsep diri negatif.

Akibat punya konsep diri negatif:
Enggak percaya diri, takut mencoba hal-hal yang baru, tidak berani mencoba hal-hal yang menantang, takut gagal, takut sukses, merasa bodoh, rendah diri, pesimis, merasa dirinya enggak berharga, merasa tidak pantas sukses, merasa tidak perlu bahagia.

Selain tahu seluk-beluk konsep diri yang negatif, kamu perlu tahu juga, dong, soal konsep diri yang positif. Konsep diri positif inilah yang kamu perlukan untuk meraih sukses dan bahagia. Konsep diri positif inilah kekuatan untuk menjadi super! Super dalam arti memaksimalkan potensi yang kamu punyai untuk meraih sukses dan bahagia. Dengan mengetahui karakteristik dan keuntungan punya konsep diri positif, kamu insya Allah akan termotivasi deh untuk mengembangkan konsep diri positif kamu.

Karakteristik orang yang punya konsep diri positif:
Yakin akan kemampuan dirinya dalam menghadapi masalah
Merasa setara dengan orang lain
Biasa saja menerima pujian tanpa rasa rendah diri
Menyadari bahwa setiap orang belum tentu diterima oleh masyarakat
Mampu memperbaiki dirinya

Keuntungan punya konsep diri positif:
Optimis, berani mencoba hal-hal baru, berani sukses, berani gagal, percaya diri, antusias, merasa dirinya berharga, berani menetapkan tujuan hidup, bersikap dan berpikir positif.

Nah, itu dia cerita tentang kerugian orang yang konsep dirinya negatif dan keuntungan orang yang punya konsep diri positif. Sekarang giliran beritanya. Dan ini berita bagus, lho! Berita bagusnya adalah: gara-gara konsep diri itu terbentuk lewat hasil belajar dan interaksi kita dengan lingkungan dan pengalaman kita, maka konsep diri itu bisa berubah! Sekali lagi: konsep diri itu bisa berubah dari negatif ke positif. Dan karena kamu bertanggung jawab terhadap dirimu sendiri, maka kamulah yang akan mengubah konsep dirimu menjadi positif, dan lebih positif!

Selebihnya, konsep diri sebagai senjata kita untuk meraih sukses dan bahagia dapat Anda temukan di buku saya, Change to be Super.

Buruan order (hubungi 0817 26 33 16)! Jangan sampai kehabisan, buku ini dicetak terbatas!

Iklan

Komentar»

1. Change to be Super, Buku Saya yang Pertama! « .:irvan::syaiban:. - Januari 12, 2009

[…] dan sebagainya. Karena itu, saya pikir buku saya yang pertama seharusnya membahas tentang konsep diri ini. Akhirnya, saya pelajari masalah konsep diri ini dan saya tulis buku […]

2. novel - Mei 7, 2009

cucok bgt bwt q yg skarang jg blajar psikologi…..n’ mncoba amalin tips2nya!! jazakillah ^-^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: