jump to navigation

Change to be Super, Buku Saya yang Pertama! September 8, 2008

Posted by Irvan Syaiban in Around Me, Manajemen Diri, Menulis, My Work(s).
trackback

Sudah lama saya ingin menulis buku. Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga. Awal Ramadhan ini, buku saya yang pertama, Change to be Super, terbit! Bagaimana saya bisa menulis buku ini? Tentang apa buku ini?

Ini dia bukunya

Ini dia bukunya

Sebenarnya sudah sejak lama saya diminta menulis buku. Buku yang diminta berkali-kali untuk “dituliskan” adalah kumpulan tulisan saya di rubrik Dunia Muda majalah Elfata.

Oh ya, rubrik Dunia Muda merupakan rubrik psikologi populer yang berfokus pada life-coaching bagi remaja. Isinya seputar bagaimana memahami diri sendiri, mempunyai tujuan dalam hidup, perencanaan hidup, manajemen prioritas, manajemen waktu, sampai tips trik cara belajar, bagaimana mengatasi minder, bagaimana bersikap asertif tanpa sarkasme, sampai bagaimana agar enggak grogi di muka umum. Beberapa artikel yang pernah saya tulis di rubrik ini juga ada di blog saya ini, lihat di sini.

Dalam beberapa kali polling Elfata, rubric ini selalu mendapat rating bagus, yaitu perangkat dua setelah Kisah Kamu. Perhatian yang tinggi dari pembaca Elfata membuat beberapa pihak dan saya ingin membukukan kumpulan rubrik ini.

Proses membukukan rubrik ini sudah saya mulai sejak 2005. Dari semua tulisan saya, ternyata jika dikumpulkan akan ada beberapa buku dari kumpulan rubrik tersebut. Menurut saya, tidak mungkin membukukan semua tulisan tersebut dalam satu buku. Akan aneh rasanya, soalnya beberapa artikel benar-benar tidak nyambung sama sekali dengan yang lainnya.

Karena kesulitan itu, proses membukukan rubric Dunia Muda terbengkalai. Beberapa pihak sempat meminta izin untuk membukukannya, namun dengan berat saya tolak karena faktor di atas, juga karena Elfata sendiri sudah dalam persiapan untuk bikin penerbit sendiri.

Setelah kutak-katik sekian lama, akhirnya malah muncul sebuah ide untuk tidak membukukan kumpulan rubric Dunia Muda tersebut. Yang terbetik adalah membuat buku tersendiri yang masih membawa ide dasar rubrik Dunia Muda: memberikan bimbingan ketrampilan menjalani hidup bagi muslim muda.
Beberapa problem remaja menjadi perhatian saya untuk saya cermati sebagai ide dasar buku saya nanti. Setelah beberapa kali mencermati problem remaja, sebuah problem dasar remaja saya temukan: banyak remaja yang punya konsep diri negatif.

Dari ketiadaan konsep diri positif, masalah-masalah remaja bermunculan: malas-malasan belajar, terlibat narkoba, terlibat tawuran, perzinaan komersial, perzinaan non-komersial, dan sebagainya. Karena itu, saya pikir buku saya yang pertama seharusnya membahas tentang konsep diri ini.
Akhirnya, saya pelajari masalah konsep diri ini dan saya tulis buku ini.

Buku ini mengupas dan membahas tentang kekuatan konsep diri muslim muda untuk berubah menjadi lebih baik, demi meraih sukses dan bahagia. Dalam buku ini, pembaca akan mendapatkan informasi mengapa konsep diri muslim muda itu penting banget buat hidup kamu. Nggak sekadar informasi, buku ini juga memberi latihan-latihan singkat tepat untuk mempraktikkan teori yang dipaparkan.

Buku ini cocok bagi muslim muda yang punya masalah dengan dirinya sendiri: nggak tau mau ngapain dalam hidup ini, nggak pede-an, merasa hidupnya nggak berarti, pengin sukses tapi nggak tahu caranya, pengin bahagia tapi nggak tahu harus gimana, merasa gagal terus, merasa nggak punya kelebihan, dan sebagainya. Buku ini juga cocok bagi ortu yang anaknya masih remaja. Buku ini cocok bagi guru buat membimbing siswanya, buat ustadz untuk mad’u-mad’u remajanya, dan buat murabbi untuk mutarabbi-nya.

Tentu saja, sebagai karya manusia, buku ini menyimpan banyak kekurangan. Dan sangat mungkin ada kesalahan di sana-sini karena manusia adalah tempat salah dan lupa. Tegur sapa dari pembaca atau pemerhati sangat saya harapkan. Yang mengidap sindroma kuman di seberang lautan tampak… juga bisa menyalurkannya di sini.

Oh, ya, yang menginginkan buku ini, segera dapatkan di toko buku-toko buku, atau kalo mau cepat order langsung ke 0817 26 33 16. Buruan saja, sebab buku ini dicetak terbatas!!! Lagian, 100 pemesan pertama via nomor tersebut akan mendapatkan diskon 20%.

Komentar»

1. Afra Afifah - September 8, 2008

wah salut-salut…kapan yah saya bs bkin buku kyk pak irvan nih… ^_^

2. aboezaid - September 11, 2008

wah kyknya bagus nich bukunya pak…
pak, antum punya no hp baru nya ust abu umar basyir? kyaknya no beliau ganti lagi deh…ana minta donk pak, bisa kirim ke email ana salafiyunpad@yahoo.co.id atau ke blog ana. coz ana di unpad bandung pengen bedah buku beliau yang sandiwara langit, insya allah ba’da roadhon nanti..
ditunggu yah no HP beliau…

3. yaufani adam - September 26, 2008

barakallahu fiik..
insya Allah buku yg bermanfaat bagi anak2 muda ,seperti saya

4. Dalila Sadida - Oktober 5, 2008

must see… kapan ya belinya?
hmm…
*mikir*

5. heny - Oktober 25, 2008

tertarik juga nih untuk bikin buku…..jadi terinspirasi

6. str8manhaj - November 29, 2008

wah..wah..udah dipanggil Pak ya, mas..? hehe..
laris nggak laris yang penting (laris?) karya udah terwujud..
smoga menjadikan kebaikan buat mas dan umat manusia

7. yaufani adam - Januari 10, 2009

udah punya.. alhamdulillah udah khatam dalam 5 hari, skarang tinggal diamalkan tips2nya:D

hehe, masya Allah bukunya bagus walau kaget jg dgn bahasanya.. udah ndak umurnya sih pak pake bahasa gaul gitu 😀

kalau bahasa gaulnya dikurangi, mungkin akan sedikit nyaman dibaca oleh ‘remaja2’ kedua hehe

afwan nih kalau sarannya terlalu subyektif
jazakallahu khoiron, ditunggu tulisan berikutnya pak.!

8. Agung MSG - Januari 13, 2009

Salut, saya sudah mengintipnya dan isinya bagus ! Popular, tajam dan menyentuh sisi spiritual kita.

Ditunggu mas Irvan buke ke-2m ke-3, ke-4 dan buku Mas Irvan lainnya.

Salam,
AgungMSG.wordpress.com

9. you know who - Januari 28, 2009

buku keren pak irvan…sip terus berkarya ya…
ditgg bagi2nya…

10. wulida rochman bin suyono bin mad sadali bin Nayalaksana - Februari 28, 2009

mantab2x…meski belum beli karena keterbatasan dana dan informasi, tapi masih ada niat buat beli. semangat pak!

11. Okky Zulindra - April 7, 2009

keren neh bukunya,…

tapi saya masih kesulitan buat nulis..

Gimana ya mas??

12. Chandra - Juli 31, 2009

Assalamu’alaikum
akh buku CHANGE TO BE SUPER msih da nggak???coz ane ketinggalan informasiny & ane bLom bca bkuny,klw msih da ane hrus bli bkuny kmn?& tmptny dmn??
Jazakumullah khairan katsiraa


Tinggalkan Balasan

